Bacaan Sholat Fardhu 5 Waktu

Sub Page ini Saya buat untuk rekan2 yang ingin memperdalam Sholat Fardhu dengan meyakini dimana Sholat merupakan sebuah Media (ritual) berkomunikasi antara Mahluk dengan Sang Pencipta Allah Swt. dan dikhususkan juga bagi rekan2 yang mualaf.

Sehingga Sholat terdeskripsi tidak hanya dengan menbunyikan Surah atau pun Doa, akan tetapi dengan mengerti, meyakini, berkomunikasi memohon penuh dengan kekhusyukan kepada Tuhan YME

Semoga posting ini dapat mengantarkan kita semua ke dalam Ridho Allah Swt. dan lebih serta kurangnya saya mohonkan bimbingan bantuan dari saudara2 sekalian terimakasih.

Maaf bila sub page ini dengan tidak mengurangi rasa hormat saya tidak sisipkan “baca selanjutnya / more tag”

Jika ingin mendownload filenya klik di sini

DOA IFTITAH

ALLAAHU AKBARU KABIIRAA WAL HAMDU LILLAAHI KATSIIRAA WASUBHAANALLAAHI BUKRATAW WAASHIILAA.

Allah Maha Besar, Maha Sempurna Kebesaran-Nya. Segala Puji Bagi Allah, Pujian Yang Sebanyak-Banyaknya. Dan Maha Suci Allah Sepanjang Pagi Dan Petang.

INNII WAJJAHTU WAJHIYA LILLADZII FATHARAS SAMAAWAATI WAL ARDHA HANIIFAM MUSLIMAW WAMAA ANA MINAL MUSYRIKIIN.

Kuhadapkan Wajahku Kepada Zat Yang Telah Menciptakan Langit Dan Bumi Dengan Penuh Ketulusan Dan Kepasrahan Dan Aku Bukanlah Termasuk Orang-Orang Yang Musyrik.

INNA SHALAATII WANUSUKII WAMAHYAAYA WAMAMAATII LILLAAHIRABBIL ‘AALAMIIN.

Sesungguhnya Sahalatku, Ibadahku, Hidupku Dan Matiku Semuanya Untuk Allah, Penguasa Alam Semesta.

LAA SYARIIKA LAHUU WA BIDZAALIKA UMIRTU WA ANA MINAL MUSLIMIIN.

Tidak Ada Sekutu Bagi-Nya Dan Dengan Demikianlah Aku Diperintahkan Dan Aku Termasuk Orang-Orang Islam.

AL-FATIHAH

BISMILLAAHIR RAHMAANIR RAHIIM.

Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang.

AL HAMDU LILLAAHI RABBIL ‘AALAMIIN.

Segala Puji Bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.

ARRAHMAANIR RAHIIM.

Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang.

MAALIKIYAUMIDDIIN.

Penguasa Hari Pembalasan.

IYYAAKA NA’BUDU WAIYYAAKA NASTA’IINU.

Hanya Kepada-Mu lah Aku Menyembah Dan Hanya Kepada-Mu lah Aku Memohon Pertolongan.

IHDINASH SHIRAATHAL MUSTAQIIM.

Tunjukilah Kami Jalan Yang Lurus.

SHIRAATHAL LADZIINA AN’AMTA ‘ALAIHIM GHAIRIL MAGHDHUUBI ‘ALAIHIM WALADHDHAALLIIN. AAMIIN.

Yaitu Jalannya Orang-Orang Yang Telah Kau Berikan Nikmat, Bukan Jalannya Orang-Orang Yang Kau Murkai Dan Bukan Pula Jalannya Orang-Orang Yang Sesat.

R U K U’

SUBHAANA RABBIYAL ‘ADZIIMI WA BIHAMDIH. – 3 x

Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung Dan Dengan Memuji-Nya.

I’TIDAL

SAMI’ALLAAHU LIMAN HAMIDAH.

Semoga Allah Mendengar ( Menerima ) Pujian Orang Yang Memuji-Nya ( Dan Membalasnya ).

RABBANAA LAKAL HAMDU MIL’US SAMAAWATI WA MIL ‘ULARDHI WA MIL ‘UMAASYI’TA MIN SYAI’IN BA’DU.

Wahai Tuhan Kami ! Hanya Untuk-Mu lah Segala Puji, Sepenuh Langit Dan Bumi Dan Sepenuh Barang Yang Kau Kehendaki Sesudahnya.

SUJUD

SUBHAANA RABBIYAL A‘LAA WA BIHAMDIH. – 3 x

Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi Dan Dengan Memuji-Nya.

DUDUK DIANTARA DUA SUJUD

RABBIGHFIRLII WARHAMNII WAJBURNII WARFA’NII WARZUQNII WAHDINII WA’AAFINII WA’FU ‘ANNII.

Ya Tuhanku ! Ampunilah Aku, Kasihanilah Aku, Cukupkanlah ( Kekurangan )-Ku, Angkatlah ( Derajat )-Ku, Berilah Aku Rezki, Berilah Aku Petunjuk, Berilah Aku Kesehatan Dan Maafkanlah ( Kesalahan )-Ku.

TASYAHUD AWAL

ATTAHIYYAATUL MUBAARAKAATUSH SHALAWATUTH THAYYIBAATU LILLAAH.

Segala Kehormatan, Keberkahan, Rahmat Dan Kebaikan Adalah Milik Allah.

ASSALAAMU ‘ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WARAHMATULLAAHI WABARAKAATUH.

Semoga Keselamatan, Rahmat Allah Dan Berkah-Nya ( Tetap Tercurahkan ) Atas Mu, Wahai Nabi.

ASSALAAMU ‘ALAINAA WA ‘ALAA ‘IBADADILLAAHISH SHAALIHIIN.

Semoga Keselamatan ( Tetap Terlimpahkan ) Atas Kami Dan Atas Hamba-Hamba Allah Yang Saleh.

ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAAH. WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAAH.

Aku Bersaksi Bahwa Tidak Ada Tuhan Selain Allah. Dan Aku Bersaksi Bahwa Muhammad Adalah Utusan Allah.

ALLAAHUMMA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD.

Wahai Allah ! Limpahkanlah Rahmat Kepada Penghulu Kami, Nabi Muhammad !.

TASYAHUD AKHIR

ATTAHIYYAATUL MUBAARAKAATUSH SHALAWATUTH THAYYIBAATU LILLAAH.

Segala Kehormatan, Keberkahan, Rahmat Dan Kebaikan Adalah Milik Allah.

ASSALAAMU ‘ALAIKA AYYUHAN NABIYYU WARAHMATULLAAHI WABARAKAATUH.

Semoga Keselamatan, Rahmat Allah Dan Berkah-Nya ( Tetap Tercurahkan ) Atas Mu, Wahai Nabi.

ASSALAAMU ‘ALAINAA WA ‘ALAA ‘IBADADILLAAHISH SHAALIHIIN.

Semoga Keselamatan ( Tetap Terlimpahkan ) Atas Kami Dan Atas Hamba-Hamba Allah Yang Saleh.

ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAAH. WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASUULULLAAH.

Aku Bersaksi Bahwa Tidak Ada Tuhan Selain Allah. Dan Aku Bersaksi Bahwa Muhammad Adalah Utusan Allah.

ALLAAHUMMA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD ( tasyahud awal ) WA ‘ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMAD.

Wahai Allah ! Limpahkanlah Rahmat Kepada Penghulu Kami, Nabi Muhammad Dan Kepada Keluarga Penghulu Kami Nabi Muhammad.

KAMAA SHALLAITAA ‘ALAA SAYYIDINAA IBRAAHIIM WA ‘ALAA AALI SAYYIDINAA IBRAAHIIM.

Sebagaimana Telah Engkau Limpahkan Rahmat Kepada Penghulu Kami, Nabi Ibrahim Dan Kepada Keluarganya.

WA BAARIK ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD WA ‘ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMAD.

Dan Limpahkanlah Berkah Kepada Penghulu Kami, Nabi Muhammad Dan Kepada Keluarganya.

KAMAA BAARAKTA ‘ALAA SAYYIDINAA IBRAAHIIM WA ‘ALAA AALI SAYYIDINAA IBRAAHIIM.

Sebagaimana Telah Engkau Limpahkan Berkah Kepada Penghulu Kami, Nabi Ibrahim Dan Kepada Keluarganya.

FIL ‘AALAMIINA INNAKA HAMIIDUMMAJIID. YAA MUQALLIBAL QULUUB. TSABBIT QALBII ‘ALAA DIINIK.

Sungguh Di Alam Semesta Ini, Engkau Maha Terpuji Lagi Maha Mulia. Wahai Zat Yang Menggerakkan Hati. Tetapkanlah Hatiku Pada Agama-Mu.

1.059 thoughts on “Bacaan Sholat Fardhu 5 Waktu”

      1. insa allah qm bsa kl lo bnr2 toubat krna allah itu mha pengsi lg mha penyang&lg mha pengmpun&mha pemurah
        kl lo niat bnr mau toubat lo bljar donk beli buku tuntunan sohlat paling cm 10000 rbu g mahal?

      2. lau emang kmu ingin bertaubat dengan sungguh2,,,
        puji syukur bagi hamba allah yang mau mnuju jalan’nya,,,
        semoga kmu akan mendapat’kan berkah yang berlimpah dari apa yang kmuuch perbuat baek selama masa hidup di dunia,,,

      3. Dit aku jg sama kok, dari kamu Dit sekarang aku bisa mendapatkan bacaan sholat, mungkin teman2 kita bisa membantu kita dalam membaca Alqur’an.
        Teman2 yang baik hati dukung aku dan Didit ya dalam do’a kalian semuanya agar aku dan Didit bisa lebih dekat pada ALLAH swt dan juga dapat pula ikut membantu menyebarkan AGAMA ISLAM dengan baik dan benar serta tidak menyakiti agama non muslim.
        Terima kasih kawan2.

      4. terimakasih atas adanyah hal, nih kami merasa terbantu………
        ..semoga anda di balas ama yng kuwasa atas amal,anda,,,,,,!!

      5. gwa juga seperti itu bro,,,,gwa pngen,,,,,,,,,,bnget tau tentang islam ini,gwa pengen jadi islam sesunguh nya,,tapi gwa gak tau harus mulai dari mana,,gwa udah jenuh,slama ini gwa udah jauh,,,,,,tesesat dlam kehidupan gwa sendiri,,,skarang gwa pengen solat,,tapi gwa gk tau sma skali,,,,

      6. ALLOH HU AKBAR……semoga pertaubatan anda menjadi karomah dan inspirasi buat semua kaum muslim yg salah jalan agar kembali ke jalan yg dimuliakan oleh ALLOH SWT

      7. Alhamdulillah…… terbuka pintu hati Didit untuk memperdalam cara sholat yang baik dan benar……. mudah2an Allah SWT memberikan bimbingan dan hidayah buat anda…….

      8. Buat yg ingin lebih baik, buat yg pengen kenal islam atau buat yg pengen jadi mualaf tapi sulit, juga buat gw sendiri

        Allah itu dekat dan Allah mendengar doa hambaNya yg ingin mendekat jadi yuk tanamkan dalam hati kuat2 bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad atusan Allah

        Trus kita berdoa ( katanya saat bersujud adalah saat terdekat seorang hamba dengan Tuhannya, bersujud aja biarpun belum bisa salat) Yaa Allah aku ingin mendekat ke padaMu, maka bantulah aku Aamin, kabulkan ya Allah

    1. Bener hafalan sgt membantu kita untuk khusyu..walau secara
      manusiawi msh ada pikiran2..lain namun yang saya rasakan lebih
      khusyu. Semoga kita termasuk orang2 yang khusyu. amin.

      1. Tapi kasian orang yg mau tobat tapi ga bisa baca tulisan arabnya!.yg lebih mantap lagi,Ada tulisan arabnya,Latinnya dan Artinya…Mantap dah tuh…. :)

      1. assalamualaikum sdraku wirman yg diberkahi allah swt.bacaan sesudah alfatihah nya kan terserah kita, bebas pilih yang mana aja dari 114 surat.
        SEMANGAT.!!

    2. ass ni sama sofyan umurku dua empat tahun mohon do,a nya ea hususnya dari para kaum muslimin dan muslimat aq ga mau jdi org yank terus menerus melakukan dosa v aq jg mencoba untuk menghindari dosa itu masi tetap aja kaya gitu…mohon bantuan nya gimana supaya aq bisa menghindari ke biasaan seperti itu????? aq ga mau seumur hidup ku di lumuri oleh dosa,,,, makasih

      1. taubatan nasuha.,dan berjanji pada Alloh kamu akan meninggalkan maksiat yg kamu lakukkan dan tegakkan shalat krn sesungguhnya shalat itu mencegah kemungkaran (kemaksiatan). kalo kamu abis shalat msh bermaksiat ya berarti taubatmu belum sepenuhnya

      2. Alhamdulillah…… mudah2an taubatan anda bersumber dari hati sanubari anda yang tulus dan ikhlas….. Insha Allah akan diijabah oleh Allah SWT….. disekitar lingkungan anda, pasti ada orang2 yang mengerti tentang Islam….. jangan malu2, tanyalah kepada beliau…. semua orang Muslim yang beriman, saling bersaudara dan saling mengasihi…..

      3. solat itu wajib siapa yan tidak melaksanakan solat siap siap di neraka jahannam …………………….. ……………? solat ada lima waktu yaitu: subuh,zuhur;asar,magrib,dan isya abang abang , adek adek dan kakak harus melaksanakan solat . azap kubur itu ialah sangat pedih siapa yang bercarut lidah nya akan dipotong kalau tumbuh lagi ia akan dipotong sampai ia bertaubat. salam buat pramuja

      4. Dulu saya juga malas sholat tp jauh didalam hati kepengen banget sholat n jd muslimah yg sholehah…akhirnya karena bawaan nurani saya jd banyak mencari sarana utk mendekatkan diri sama sang maha kuasa….Banyak-banyak baca n browsing atau buka youtube tentang bukti kebenaran/kebesaran islam n Al-Qur’an juga bisa membantu membuka hati nurani kita yg tadinya tertutup tp harus hati-hati jgn sampai salah buka situs karena banyak situs2 dari misionaris yahudi dan nasrani yg sengaja mau menyesatkan kaum Muslim…mudah2an bermanfaat….insya Allah….

    3. bagaimana sh,cara’ny kita tuh semangat bget bt sholat
      terkadang sehabis haid suka males bget bt sholat
      doa apa yg harus aku ucap’kn agar selalu inget sholat

      1. mengetahui arti dari bacaan shalat dan melambatkannya,
        seperti kita sedang ngobrol sama Allah..
        InsyaAllah kita jadi selalu kangen shalat..

      2. istigfar mba..
        langsung ambil udhu..
        males kerjaannya setan yang membuat sesat manusia.
        maap klo so tau atau apalahhh..
        tapi klo ga dimulai dari niat dan pergerakan kita ga akan pernah ngejalnin sesuatu yang kita ingginkann.

      3. mat malam saudara ku kaum muslinmin dn muslimat
        ku harjum nak medan,suku ku padang
        aku inggin brtaubat tpi aku malu,aku malu bukan sma mnusia
        aku malu sma allah
        udah 3 thun aku tak jlani puasa
        apa lagi shalat tak prnah aku krjain
        aku mau mntak tolong kpda saudara2 ku
        ku sgat btuh bntu dri bpak atau ibu ku mhon se x
        ini no hp ku 082276704871

    4. alhamdullilah masih da blog kyk gni..
      aq bersyukur bgd.
      aq dah lama tersesat d dalam lingkaran setan skrg saat nya aq brubah dan kembali k jalan allah SWT.
      smoga allah SWT mw mengampuni dosa2 hamba di masa lalu.

    5. q echa,,,, q mo tanya gmna ya agar qt bisa benar2 berserah diri sama yank kuasa,,,, n gmna caranya agar dalam menjalankan sholat tidak terasa berat hati,,,,, tolong hubungi saya d nomor 085236261938 tolonk yach saya benar2 ingin ber taubat… terima kasih

      1. yuk kita bareng2 aja belajarnya…. aq juga lagi coba menghapal artinya biar sholatnya semakin khusu…atau kamu ikutan pelatihan sholat khusu aja mau??? kamu ada di daerah mana?

    6. Terimakasih mas..saya membaca cara solat yang baik itu adalah dari mas, tadinya saya membaca sholat itu cuma lompat sana sini, yang hafal aja yang saya baca. yang tidak hafal saya lompatin aja. tolong kasi tau bagaimana membaca wudhu yang baik sebelum dan sesudah wudhu..bisa juga kirimkan ke email saya ninayusnina2@gmail.com
      saya tunggu.
      wassalam.
      Nina

    1. qunut tu bs dlm bhs kita kq… qunut kn sholat untuk apa yang kita inginkan terkabul…
      seingtku sih gitu… coba cari tau ama yang ngerti (ustat, dll)

  1. “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman yaitu orang-orang yang khusyu’ dalam sholatnya”
    QS.Al-Mu’minun 23: 1-2
    setiap orang pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan.
    alangkah baiknya kita saling memberi saran untuk menuju kebaikan.
    Jazakallah

      1. Khusuk itu bisa diupayakan dengan memfokuskan fikiran pada apa yg sedang dikerjakan yaitu solat. Hrs disatukan perasaan / emosi dan pikiran dan lisan kita. Ini tidak mudah dan hrs dilatih.
        Contohnya, Kalau latihan seorang pelukis adalah berkunjung ketempat sampah Untuk mencari inspirasi, di sana murid murid diminta melukis hal yang paling indah di antara gunung gunung sampah. Atau fokus untuk mendengarkan satu suara di antara kebisingan kota.. Dll. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, dan menjadi pahala bagiku.. Terima kasih.

    1. jangan salah….qunut adalah ( sunat ab’ad ) bukan SUNAH, banyak sekali org salah sebut antara sunat dan sunah, Sunat lebih di tekankan, ( setengah Wajib ) mohon dipahami, nuwun

      1. sunnah atau sunnat tetap aja itu kalau ga dikerjain gakapa2 dikerjain malah bagus. wajib tetap wajib ga ada wajib yang setengah2 bikin membingungkan. dan masalah sekecil bgini kadang yang buat perpecahan. asyik ngurusin perbedaan pendapat. bagiku hati yang iklash sholatnya. kalau masih ada rasa angkuh sombong tetap aja nggak pas. intinya ikutkan kata hati. kalau yang masih bolong 2 sholatnya lebih di tingkatkan. yang wajib belum sempurna dah sunnat yang diperbesar. bagi yang belum komplit 5 waktunya jangan sok2 an sholat sunnat . saya yakin hati nya masih ada rasa sombong gak mau kalah. kecuali belajar sholat sunnat
        maaaf jika ada yang kurang.

  2. Terimakasih untuk semua Comment nya

    Terus terang saya juga baru belajar untuk shalat 5 waktu dengan tekun (bukan ustad lho), memang sangat sukar dan banyak kendalanya karna itu dengan mengerti dan memahami sholat sebagai komunikasi, do’a dan ibadah terjemahan ini insyaAllah menjadikan kualitas ibadah dan kekuatan iman kita kepada ALLAH SWT. dapat bertambah dan meningkat, urusan pahalanya tiadalain ikhlas kepada ALLAH SWT.

    Semoga kita semakin dekat dan selalu mendekatkan diri kepada Yang Kuasa ALLAH SWT. agar selamat dunia dan akhirat, amien

    1. terimakasih… semoga kualitas iman kita semakin bertambah. memang untuk menegakkan amalma’ruf nahimungkar banyak halangan dan rintangan, namun itu haruslah kita dasari dengan iman yang kokoh.

      1. Yang penting kita dah niat dulu dan juga dah mau melkukan nya sol salah dan benar dalam belajar msh sngt wajar. InsyaAllah kalo kita sungguh2 lama2 akan benar juga Wass.

    1. Allahumma baid baini wa baina khotoyaya kama baadta bainal masyriki wal maghribi
      Allahumma naqqini min khotoyaya kama yunaqqos tsaubul abyadu minad danasi
      Allahumma aghsilni min khotoyaya bil ma’i wats tsalzi wal baradi..

      artinya kalo gak salah;
      yaa Allah jauhkanlah kesalahan-kesalahanku sejauh timur dan barat,
      yaa Allah bersihkanlah kesalahan-kesalahanku seperti kain putih dari kotoran
      yaa Allah bersihkanlah kesalahan-kesalahanku dengan air,salju dan embun..

      indahnya bacaan shalat..

      dan saya membaca kedua doa iftitah tersebut di setiap shalat(inyaAllah).

  3. ASALAMU’ALAIKUM…. MAPH, KATA “SAYYIDINA” KAN BERARTI TUAN.. NAH, KITA PAN SHALAT MENGIKUTI SEBAGIAMANA NABI SHALAT.. NAH, APAKAH DALAM SHALAT’Y, NABI MENYANJUNG DIRINYA SENDIRI??? DENGAN MENYEBUT SAYYIDINA MUHAMMAD???

    WASALAMU’ALAIKUM…

    1. nabi juga berd0a untuk dirinya sendiri , kluarga , sahabt dan , berd0a tuk nabi ibrahim….. dan dalam bacaan tu termasuk juga… klimat shalawat….. ALLAAHUMMA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD WA ‘ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMAD. bacaan sh0lawat ditujukan untuk mend0akan nabi……

    2. Maaf… Shalat Adalah Wajib! Bukan mengikuti Nabi tapi mutlak perintah Allah SWT, Kalau kita mengikuti nabi itu Sunat / Sunah , Inti Dari Doa adalah permintaan, kita mau berdoa / mendoakan siapa saja bisa dan boleh, kalau kita belum bisa do’a shalat tidak berdo’a pun tuhan tau apa yg hendak hambanya lakukan, agama adalah keyakinan yg tidak bisa diperdebatkan, nuwun

    3. ada bacaan shalat yang tidak menyebutkan kata “SAYYIDINA”.
      tapi kita di anjurkan untuk menyebutkan kata “SAYYIDINA”.

      Tapi yang penting,kita melaksanakan shalat-nya,dibandingkan mempermasalahkannya.

      iya toh..

  4. Assalamualaikum wrwb…
    Alamdulillah…
    Terimakasih atas bacaan sholatnya, ini sangat berguna sekali bagi saya.
    saya permisi udah print, dan akan saya berikan kepada seseorang yang akan belajar sholat.
    semoga yang punya blog ini mendapat Rahmat dan balasan yang setimpal dari yang Maha Agung Allah SWT amin…

  5. assalamualaikum.wr.wb

    alhandulillah

    makasih ya atas bacaannya

    aku jadi tenang hadapi ujjian agama tentang sholat

    sosalnya aku ada yg kurang bacaan sholat aku

    wassalamualaikum.wr.wb

  6. aslmualkum
    makasih ya……………………………..ohm………..
    atas bacaannya
    ini sudah membantu aq dalam menghadapi ujian praktek skul q………….

  7. Assalamu’alaikum
    Termakasih atas bacaan shalatnya telah menambah pengetahuan saya tentang shalat, semoga ini semua bermanfaat untuk kita semua.
    Wassalamu’alaikum

  8. Alhamdulillah, sungguh mahluk tidak memiliki hakekat apa-apa, ALLAH maha meliputi segala sesuatu.
    Orang2 muslim (berserah diri) adalah yang ALLAH telah pelihara hati dan amalannya karna memang mereka berusaha menjaganya serta selalu ingin memperbaiki diri dan memohon ampunan.

    Apabila ALLAH Subhanahu wata’ala menghendaki kebaikan atas diri hambanya, maka ALLAH Subhanahu wata’ala akan pahamkan dirinya atas Agama. (hadist)

  9. tolong saran dan pendapat nya ya.???
    aq tidak begitu hapal bacaan sholat tp aq hampir selalu melaksanakan sholat.apakh sholat aq sah atau tidak si???
    yang aq tidak hapal yaitu tasyahud akhir dan duduk di antara dua sujud.!!
    tolong ya saran n pendapatnya tentang masalah aq,!

    1. Tuhan Maha Tau, Tuhan Maha Segalanya, Insya allah Shalatmu diterima, yg terpenting bagi umat muslim adalah menjalankan perintahNya dengan keikhlasan penuh, adapun Pahala dan Dosa semua kewenanganNya. ( Jalankan saja sementara yang anda ketahui saat ini, selebihnya sambil belajar ) nuwun

  10. saya akui memang saya ga prnah solat slama ini
    tp entah knapa tadi pas ada azan magrib
    tiba2 trasa pengen sholat
    rasanya rindu ama sholat……
    berhubung dah beberapa taon ga sholat
    saya mohon bantuannya ya……..

  11. Terima kasih byk saudaraku yg telah membuat artikel tentang sholat, sy belajar yg baik untuk sholat, sy bersyukur bisa membaca, manghapal bacaan sholat krn masih byk kekurangan bacaan sy tentang sholat. sekali lg terim kasih byk.

  12. dulu waktu SD disekolah sering menhafal bacaan sholat sampai kuliah pun masih hafal semua bacaan sholat… tapi setelah tidak punya cukup banyak waktu saat bekerja… jadi sebagian bacaan ada yang terlupakan ataw kurang sempurna. Terimakasih hari ini lewat web anda ini Insya Allah sholat2 hamba Allah akan kembali menjadi sempurna bacaannya….

    Semoga Allah senantiasa melimpahkan nikmat dan hidayah pada kita semua.. terutama yg tlh menyediakan bacaan ini… Amien

  13. q udh lm ningglin sholat n q pengn bngt bs sholat lg n jg ad yg ngebimbng q n smpai2 q lp ma doa2x mkx q pengn bljr sholat lg krn q udh trlalu jauh dr allah sblmx mksh y………!!!!!!!!!d dnia in g ad yg trlmbt slma qt mau bljr niat n jg tobat

    1. Innalhamdalillah ( sesungguhnya segala puji hanya milik ALLAH ).

      Pemakaian kata “Sayyidina” ini boleh digunakan boleh juga tidak, arti dari kata sayyidina ini yaitu tuan atau baginda, saudara2 kita banyak menggunakan ini dengan maksud memuliakan nabi Muhammad SAW.
      tersebut dalam surat Al Hujuraat ayat 2 mengenai adab dalam berbicara thd Rosulullah SAW :

      بسم الله الرحمن الرحيم

      Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu meninggikan suaramu lebih dari suara Nabi, dan janganlah kamu berkata kepadanya dengan suara keras sebagaimana kerasnya (suara) sebahagian kamu terhadap sebahagian yang lain, supaya tidak hapus (pahala) amalanmu sedangkan kamu tidak menyadari. (QS:49:2)

      kalimat “berkata kepadanya” (nabi) dimaksud bercakap2, berbicara dan atau juga memanggil beliau, jadi wajib dengan penuh rasa iman dan taat kepada Rosulullah, namun saya pribadi benar2 tidak ingin mempersoalkan ini karna saya sendiri tidak menggunakan lagi kata “sayyidina” dengan alasan yang lain namun juga insyaALLAH baik, dan di dalam sholat menurut Ulama memang ada lebih kurang 200 perbedaan sesuai dengan 4 Imam besar yang kesemuanya adalah BENAR, yang salah adalah saya dulu saat masih lalai sholatnya dan mari kita bersama memperbaiki menjaga iman dan amalan kita, insyaALLAH kita niat amal amin.

      1. kawan-kawan semua, aku lagi terkena musibah.
        aku ditipu oleh orang yang aku tidak kenal,
        dan aku sudah tidak tahu harus bagaimana lagi.
        aku mau lapor ke kantor polisi, tetapi tidak boleh, malah aku dikasih waktu sampai hari senin ini.
        apa yang harus aku lakukan, jika bukan dari bantuan polisi.
        batinku jadi tersiksa.
        istriku sekarang sakit, orang tuaku jadi tersiksa karena kepikiran driku.

        untuk semua kawan-kawan, aku hanya minta bantu do’anya.
        semoga saja Al’lah memberikan jalan terang untuk hambanya.
        aku baru kali ini belajar shalat, dan aku akan menekunkan shalat ibadah ini sampai hidupku.

  14. Assalamualaikum..
    saat ini saya sedang belajar sholat..
    bila berkenan mohon dikirim daftar bacaan surat2 atau ayat2 Al-Quran yang dibaca dalam sholat fardhu 5 waktu yang sering dibaca rosul / sahabat rosul?
    Terima Kasih
    Wassalamualaikum…

  15. Sudah lama aku meninggalkan sholat…
    rasanya kepingin untuk memulai lagi.

    Tapi bacaan diatas kok beda dengan yang aku pelajari dulu ya?
    Perasaan bacannya dulu tidak panjang-panjang seperti itu…
    contoh :
    RABBANAA LAKAL HAMDU MIL’US SAMAAWATI WA MIL ‘ULARDHI WA MIL ‘UMAASYI’TA MIN SYAI’IN BA’DU.
    Cukup dengan :
    RABBANAA LAKAL HAMDU..

    Apakah bacaan yang aku dulu pelajari salah ya?

    1. Ass Wr.Wb.,

      Setahu saya, kedua2nya dibolehkan. Kalau tidak salah, saya pernah melihat video dari Arab, yang “hanya” melafalkan “RABBANAA LAKAL HAMDU”. (Mohon koreksi kalau saya salah).

      Wass Wr.Wb.

      1. Alhamdulillah untuk hal ini kedua2nya benar dan baik, sumbernya adalah hadist rosulullah Muhammad S.A.W. yang dicatat oleh imam Muslim mengenai sholat, dan saya sungguh pernah membacanya kedua2nya ada dan baik

  16. thanks buanget ya atas lafal dan terjemahan sholatnya. saya mualaf yang pengen mengenal lebih banyak tetatang islam. selama ini sholat saya belum sempurna karena tidak tahu artinya, jadi rasanya gak khusyuk. sekali lagi thanks ya

  17. sampai saat ini saya masih bingung, bagaimana ya agar sholat saya bisa khusyuk. karena dulu sebelum saya jadi muslim saya berdoanya dengan berdiam diri tidak menggunakan gerakan. jadi mohon bantuannya ya…

    1. Mudah2an dengan berserah diri, pasrah dan selalu ingat bahwa kita milikNya, yang sewktu2 akan diambil ( Mati ) Sengan cara seperti itu semoga kita akan lebih khusyuk dalam menjalankan Shalat.( Amin) nuwun

  18. tlong lebih detail lgi jelasin nya dari awal niat sampai salam.
    .jika kita ikut imam doa apa yg kita baca setalah takbir?
    .setelah imam membaca alfatihah kita membaca alfatihah kembali atau langsung membaca surah pendek??
    tolong di jwab teima kasih.

  19. kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
    semoga Allah dapat memberi ibalan atas perbuatan yang baik. Amin…
    Ali Akbar.
    Labuhanhaji
    Aceh Selatan

  20. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    matur nuwun,
    mugi-mugi gusti Allah pangringi rahmat kaleh panjenengan,,,,

    wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

  21. Assalamualaikum…terima kasih atas idenya yg cemerlang,saya sholat lima waktu kadang2 lupa arti bacaan sholat jadi sholatnya kurang khusyuk. Saya yakin klo kita tau arti bacaan sholat yg kita ucapkan akan lebih mendekatkan diri kita kepada Allah swt. Semoga Allah swt memberi berkah dan rahmat atas ide anda yg cemerlang…

  22. ya allah, diberkahilah orang yang telah menulis ini. beliau telah membantu banyak orang menyempurnakan bacaan sholatnya, termasuk saya yang bahkan baru belajar menghafal bacaan sholat.
    terimakasih ya allah saya sudah diberi kemudahan untuk membaca dan menghafal bacaan sholat untuk saya bisa menyempurnakan sholat saya.

  23. assalamualaikum terimakasih banyak atas infonya smoga allah SWT selalu memberikan berkah serta rahmat dan hidayahnya kppada pemilik blog ini

    assalamualaikum

  24. assalamualaikum
    Saya adalah seorang ibu yg memiliki satu orang anak yg masih berumur 11 bulan. Saya Mualaf pada taun 2006. Pada awalnya saya sangat rajin Sholat sampe saya menikah dan ketika saya hamil, saya masih sholat, meskipun suami saya tidak pernah sholat. Entah knp 1 tahun belakangan ini iman saya seperti kembali kosong… saya tidak pernah lagi menjalankan sholat, saya jg tidak pernah melihat suami saya sholat. Dan entah kenapa pula 1 minggu terakhir ini hati saya seperti ingin kembali sholat, seperti ada yg menyuruh saya untuk kembali sholat. Perlu di ketahui sampe detik ini saya menjadi mualaf, kedua orang tua saya, dan keluarga besar saya tidak ada yg tahu. karena mereka adalah non muslim yg sangat taat. Tolong saya… apa yg harus saya lakukan..

    1. maaf bu, inysaALLAH jawaban yang ibu minta ada di Al-Qur’an beberapanya ijinkan saya post

      bismillahirahmanirrahim

      “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram”. (Ar-Raad 28)

      “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk”. (Al-Baqarah : 45)

      “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal shaleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati”. (Al-Baqarah : 277)

      “Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali”. (Al-Baqarah : 277)

      “Katakanlah: “Tuhanku menyuruh menjalankan keadilan”. Dan (katakanlah): “Luruskanlah muka (diri) mu di setiap shalat dan sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ketaatanmu kepada-Nya. Sebagaimana Dia telah menciptakan kamu pada permulaan (demikian pulalah) kamu akan kembali kepada-Nya)”. (Al-A’raaf : 27)

      “Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaulhusna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu” (Al-Israa’ : 110)

      “Tidakkah kamu tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) shalat dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan”. (An Nuur : 41)

      “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur’an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (Al-Ankabuut : 45)

      “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. (Faathir : 29)

  25. Ass. sya ingin ngucapin trimah kasih atas bacan sholat’nya……
    I’ALLAH sya akan menghafalX……
    semoga umat isLam terus bersatu………..
    amin!!!!!!!!!!!!!
    sya banga bisa masuk islam……..

  26. asslmkm…..
    trims atas bcaan sltnya sma artinya,, dri dlu pngen tau artinya. tpi ada sedikit saran pada tahiat akhir bcaan akhir atau penutup, bisa kita membaca
    “اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ
    وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ
    “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa jahannam dan siksa kubur, dan fitnah kehidupan dan kematian, serta keburukan fitnah Masihid Dajjal.” (HR Muslim 924).

  27. alhamdulillah ketemu juga yg kucari, thx ya….,aq merasa khusuk kalau aq tau apa arti yg kuucapkan dalam sholatku…tapi aku harap kalau bs dikirimkan lwt email arti bacaan2nya perkata…, jgn per kalimat,,,biar lbh mudah dihafal dan dimengerti…. thx

  28. sholat adalah tiang agama…
    g ada istilah terlambat u/ belajar, yuuk sholat…
    syukur2 kita bisa menambahnya dengan sholat malam dan sholat dhuha.

    Semoga amal ibadah kita diterima Alloh SWT, … amin

    1. Inamal A’malu Biniyat..( semua tergantung di niat )

      yg penting niat dalam hati kita hendak mengerjakan sholat apa ?? karena ALLAH maha mengetahui isi dalam Hati Manusia..

  29. Assalamualaikum wr wb..
    Alhamdulillah….
    Insya’Allah tidak terlewatkan lagi…
    karena selama ini ada beberapa kalimat ( YAA MUQALLIBAL QULUUB. TSABBIT QALBII ‘ALAA DIINIK.) yg terlewatkan oleh saya..
    Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan bapak.

    Wassalam

  30. Subahanallah… bagus baenget artikelnya….. izin unduh artikelnya gan. sy butuh kumpulan surat bacaan untuh shalat sunah latin. mohon petunjuknya dimana saya bisa unduh. terima kasih. lanjutkan siar islamnya.

  31. اَللَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِيْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، إِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، [وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ]، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ.

    klo da yg salah mohon di per baiki

  32. MAKASIH YA SEKARANG AKU DAH TAU BERKAT BACAAN SHOLAT DI SINI SEKALI LAGI MAKASIH> SEMOGA INI JUGA BISA BUAT ANAK ANAK YANG MAU BELAJAR BACAAN SHOLAT BIAR CEPET BISA…..!

  33. Assalamu allaikum wr wb ..
    q ucap rasa syukur dan terima kasih atas tuntunan shalatnya semoga ini jalan saya untuk bertobat pada khadirat ALLOH swt .. Amin .. semoga ALLOH membalas segala budi baik anda .. AMIN . .

  34. maaf saya mengulang pertnyaan anty ‘september 2009 di atas krn saya pny masalah yg sama dan saya tdk melihat blsan.nya, selama ini saya berusaha hampir slalu unt shalat 5waktu namun ada beberapa bacaan yg saya krng hapal (tasyahud akhir) apakah shalat saya selama ini sah

  35. TRIMA KASIH ATAS TULISAN NYA MEMBUAT SAYA BISA MEMBACA SETELAH SEBELUMNYA AKU NGGA BISA BACA BACAAN SHOLAT JDI SKRG AKU BISA WLAU BELUM HAWAL BENER SEKALI LGI TRIMA KASIH ATAS TULISANNYA!

  36. Ass,……………..
    terima kasih ya
    karna adanya bacaan” penting ini saya jadi ingin lebih mendeatkan diri saya kepada sang Khalik

    insya Allah saya mw jalani ajaran islam yg lain untuk menuntun hidup saya ke jalan yang lurus amin

    was……………

  37. terima kasih atas bacaan sholatx
    semoga menjadi berka untuk kita semua
    amin…………..,………………………………………………………………,…..

  38. terima kasih y mas or mbak,udah saya copy filen-ya insya ALLAH akan saya pelajari, biar sya lbh tau apa yg saya baca,…..
    itu membuat sholat saya lbih bermakna, aaamiiieennnn ………….

  39. ass…..
    saya sischa
    sy bru masuk agama islam kurang lbh 1 thn
    sy pingin sekali belajar sholat 5 waktu dan belajar membaca alquran.
    tlg bantu sy donk agr saya bsa mendalami agama islam sepenuhnya

  40. terimakasih atas bantuannya dalam menjalankan perintah
    agama. ini sangat berguna. semoga ini menjadi contoh bagi teman2
    yang lain. Semoga dengan ini juga teman2 dapat bertaubat. Aminnn .
    .

  41. ass….
    sblum nya sy ucakn trima kasih ats bcn sholt ny & sy
    mohon bantuannya smu…..
    apkh orng yg tidk bisa bca al-quran sholt nya di trima ap enggak.?
    krn tiap kli sy mau sholt trpikir itu trus jdi niat untuk tobat enggak ad…?
    skrng sy pngn bngt bnr2 tobt….

    1. Assalamualaikum

      Mohon ijin saya untuk sedikit menjawab pertanyaan saudara, dalam sholat terdiri atas Do’a, Zikir dan bacaan Al-Quran jadi membaca Al-Quran hukumnya adalah wajib di dalam sholat kita namun demikian Rosulullah SAW bersabda dalam hadist shahih nya yang di kompulir oleh imam Muslim bahwa bacaan Al-Quran surah Alfatihah itu sudah cukup dalam sholat, namun alangkah baiknya ditambahkan dengan ayat2 pendek yang menurut saya secara bertahap ke depan kelak saudara insyaAllah dapat membaca serta menghafalnya.

      InsyaAllah bila kita selalu memohon ampun kepada Allah dan mengadakan perbaikan terhadap diri kita, Allah akan ridha dan selalu memberikan hidayah, petunjuk serta pertolongannya Amin ya rabbal’alamin.

  42. Tunangan q seorang muallaf, saya sangat terbantu sekali dengan bacaan sholat ini, semoga saya bisa mengajari tunangan saya dgn baik.
    Saya mau tanya, untuk seorang muallaf apa yg hrs diajarkan kpd dia untk yg pertama kalinya???

    1. Assalamualaikum

      Alhamdulillah, salam kenal mohon ijin untuk sedikit memberi masukan bahwa untuk mualaf (yang baru masuk islam) maka ajarkan lah secara bertahap pengenalan terhadap rukun islam dan rukun iman

      Untuk hal ini maka tahapan tunangan saudara selaku mualaf yg telah ia laksanakan adalah rukun islam pertama yaitu membaca dua kalimat syahadat maka berikutnya yang wajib diperkenalkan kepadanya adalah rukun yg kedua yaitu Sholat.

      Mohon sabar dan selalu istiqomah dalam melaksanakannya karna sholat 5 waktu pada dasarnya adalah berat kecuali bagi orang2 yang khusyuk, insyaAllah.

  43. terima kasih bacaan ini sanggat bermanfaat dan ada yang ingin saya tanyakan.
    dalam sujud terakhir setelah membaca subhanarobiyaladzimiwam
    bihamdih apakah dilanjutkan dengan membaca robbigfirli warhamdi dst atau ? terimaksaih mohon jawabannya

    1. ass, sy mau tanya sy punya pengalaman sgt buruk…sy dgn almarhum Bapak tidak sempat meminta maaf….sy dengar dr beberapa penceramah….doa atw amalan apapun yg sy lakukan..tidak akan d terima oleh LLOH SWT….krrn belum meminta maaf pada bapak almarhum…..satu tahun setengah saya tdk bertemu beliau wafat…..sy tdk sempat meminta maaf…..saya anak durhaka…..saya mohon penjelasan…….sia siakah…doa-doa sy selama ini dan serterusnya……..

  44. terima kasih bacaan ini sanggat bermanfaat dan ada yang ingin saya tanyakan.
    dalam sujud terakhir setelah membaca subhanarobiyaladzimiwam
    bihamdih apakah dilanjutkan dengan membaca robbigfirli warhamdi dst atau ? terimaksaih mohon jawabannya

  45. saya sangat merasa bersalah kepada Allah SWT ,SAYA sering meninggalkan shalat sekali .semoga Allah memberkati saya .semoga Allah memberikan saya yang terbaik ,karena ujian sudah di depan mata .

  46. saya sangat merasa bersalah kepada Allah SWT ,SAYA sering meninggalkan shalat sekali .semoga Allah memberkati saya .semoga Allah memberikan saya yang terbaik ,karena ujian sudah di depan mata.saya benar2 pgen bgt belajar sholat ya allah ampunin semua salah hamba mu ini kerna telah melupakanmu ya allah berilah hambamu petunjuk jalan yang benar……

  47. bantu saya tu toubat ya teman2 bntu saya untuk bsa sholat 5 waktu ingetkan saya untuk melaksanakan sholat lwat sms ya q tunggu bntuaannya kalian semua ingetkan q untuk sholat ya se ke no ini 085232224881 aku butuh bantuan kalian semua q pgen bnr2 taubat

  48. TRIMAKASIH BAPAK KARENA BEGITU LENGKAPNYA TULISAN YANG MERUPAKAN BAHAN AJAR UNTUK ANAKKU YANG LAGI BELAJAR SHOLAT NANTI SAYA PRINT TRUS SAYA TEMPELKAN DI DINDING AGAR DIA SHOLAT SAMBIL MEMBACA DULU DI DINDING, INSYAALLAH DENGAN MEMBACA TERUS DIA AKAN HAFAL NANTINYA DAN JUGA MENGERTI MAKSUD BACAANNYA SEMOGA DIA MENJADI ANAK YANG SHOLEH N SHOLEHAH………….AMIN.

  49. assalamu allaikum wr. wb
    .mbax/maz bapak/ibu saya mau tanya ni, kan saya ndak hafal bacaan sholat, apa bila saya sholat dan saya menyertakan melihat bacaan sholat itu boleh ndak si….???? apakah sholat saya itu sah….??? terimakasih
    wassalamu allaikum wr.wb

  50. Wahai saudara2 ku…tugas saya & anda mengingatkan orang yang lalai itu (bahkan berani menantang Allah, dimana dmendengar AZAN tidak segera ke Masjid)

    Cum Paansir Warabbaka Pakabbir (bangkit & tuhanmu agungkanlah)

    Keagungan Allah inilah yang hilang dalam Hati manusia, sehingga hawa nafsu menguasai seluruh peradaban manusia…..

    INILAH TUGAS HALIFA…………

  51. assalamu allaikum wr. wb

    maaf sy mau bertanya, sy ingin sekali sholat 5 waktu. kendalanya..di dalam hati sy ingin saat ini juga untuk sholat, tetapi bacaan sholat sy blm lancar. apakah sebaiknya sy perlancar dlu sebelum memulai? terima kasih sebelumnya…

    1. Jawaban terbaik insyaALLAH adalah segera mulailah jgn tunda2 lagi, kerjakanlah walaupun pada awalnya kita sholat dengan membaca tulisan tersebut di hadapan kita, bacalah bacaan arab latinnya, sesaat kemudian artinya, pahamilah dan berdialog lah dengan tuhan yang hanya satu2 nya tuhan tiada lain adalah DIA ALLAH SWT yg maha berkehendak dan menguasai segala sesuatu

  52. Bapak Syawai Terima kasih….atas post web nya….Mudah-mudahan Bisa Jadi Berkah Buat semuanya….
    Maaf saya mau numpang Berbagi…sapa tau ada solusi yang terbaik buat saya……gini saat ini saya baru mengalami depresi dan down…..saya baru punya masalah perasaan…4 tahun saya menjalin hub dengan lelaki hub kita sudah terlalu jauh……..saya sadar ketika 4 tahun saya sudah sangat-sangt berdosa….saya ingin Taubat…tapi justru saya di tinggalkan pacar saya…….semapt saya mau bunuh diri karna merasa hidup saya sudah hancur…….tapi saya berpikir kembali….tidak mungkin saya lakukan karna niat saya ingin minta ampun justru bukan menambahi dosa buat diri saya sendiri…….Untuk semua adakah yang bisa memberi solusi untuk saya……..mungkin ada doa yang bisa mengembalikan saya lebih dekat Dengan Allah…..Saya sadar dan pasarah ini ganjaran buat saya……dalam kondisi seperti ini justru saya di tinggal pergi……sebelumnya Terima kasih atas solusi semua

    1. Subhanallah

      Saya juga klo begini ingat dosa2 saya, saya sudah bertaubat dan berjanji kepada ALLAH untuk tidak lagi mengulangi dosa2 besar tsb, lalu langkah selanjutnya adalah berusaha keras untuk memperbaiki diri dengan tidak mengulanginya dan memperbaiki hubungan kita kepada ALLAH SWT seperti ibadah sholat, zakat, shodaqoh (perlu diingat bahwa ada hadist rosulullah saw. yang menyatakan bahwa shodaqoh adalah dapat menggugurkan dosa) dan juga perbaiki hubungan kepada orang2 terdekat kita seperti orangtua saudara2 juga kawan2

      jangan lupa laksanakan lah dengan Kesungguhan yang sebenar2nya serta ikhlas agar mendapatkan keridhoannya (senang) ALLAH SWT

  53. alhamdulillah,semoga yg menulis artikel ini tidak pernah berhenti untuk menulis panduan yg seprti ini, yg sangat bermanfaat bagi umat islam,amin

  54. ass nama ku sofyan umurku dua empat tahun selama ni aq selau melakukan dosa terus menerus dan aq sangat ingin sekali muntuk menghindari dosa itu meski ku udah ku coba untuk bertobat tetep aja kaya gitu mohon do,a nya husus nya dari temen” supaya aq dapat rahmat dari Alloh agar jadi hamba yang soleh dan aq pengen selamat dunia ahirat aq ga mau jadi org yang hina di hadapan Allah ketika nanti aq di panggil dan akan di pertanyakan di hadapan Allah apa yang sudah aq perbuat selama di dunia telah di lumuri sama dosa

  55. maaf,,,nama saya adam saya seorang islam ktp gak bisa ngaji n sholat,,tolong ajarin saya,,,mungkin teman teman saya di sini bisa membantu saya,,, trima kasih sebelumx,,

  56. saya ingin jujur dgn membc ini saya br mengerti tata cara sholat yg bnr, krn slama ini ternyata sngat bnyk kesalahan yg saya lakukan wkt sholat. skali lagi Terima Kasih.

  57. Dalam salat tidak ada kata “sayyidinaa” krn Rosul SAW tdk melantunkan sep itu. Lihat Kiyab Bukhori Muslim. Di tahiyyat akhir Rosul saw membaca Alloohumma a’innii ‘alaa dzikrika wasyukrika wa husni ‘ibaadatik. Yg paling penting dlm salat adalah tuma’ninah, ini sering ditinggalkan para pendiri salat, pdhal itu trmsk syarat sahnya salat

  58. asslamuailakum wr wb. mau nanya nih kalo solat sunat wudlu itu dikerjakan sebelum solat sunat qobliyah atau gimana, trus kalo solat sunat tahiyatul masjid dikerjakan ketika masuk mesjid atau solat sunat wudlu dulu atau gimana mohon penjelasannya karena saya masih binggung. terimakasih

  59. terimakasih.. sudah memberikan untuk akhirat saya, semoga panjang umur dan murah rezeki dan selalu di lindungi allah atas kebaikannya , hanya Allah yg dapat membalas atas kebaikan semua ini

  60. assalamualaikum Wr Wb…..

    Dengan Hormat untuk yang membuat blok ini, saya ingin menanyakan ada gak do’a2 atau surat2 yang lain dalam agama islam dengan membuat format yang sama seperti diatas, maksud saya seperti surat an’nas,al-ikhlas,qunut,dll…..
    aku baru belajar mohon bantuannya!

  61. saya ingin bertanya tentang bacaan niat sholat fardlu. contoh : “usholli fardlol maghribi tsalaatsa roka’aatin mustaqbilal qiblati adaa an (ma’muuman / imaaman) lilaahita’aala” (bacaan niat sholat maghrib, jika ada yang salah tolong dikoreksi). disitu ada bacaan “adaa an”, ada yang tahu artinya apa? sebab bacaan itu setahu saya hanya ada pada niat sholat fardlu sedangkan untuk bacaan niat sholat sunnah tidak saya temukan.

  62. aku ngerasa udah dua hari ini aku dihantui sama hal hal yg menyangkut kematian .
    apa itu tanda buat aku .
    ato hanya allah sedang mengingatkan aku untuk bertaubat ?

  63. Makasih yamas dengan adanya bacaan yang mas berikan saya jadi lebih tau daripada sebelumnya, kalo mas tau tentanmg bacaan atau tatacara sembahyang sunat lainya seperti shalat tasbih shalat syukur dan sebagainya tolong mas kirimkan kesini. timakasih.

  64. saya laki2 umur 28 tahun, sudah berkeluarga 1 anak, jujur saja saya blum sepenuhnya mengetahui bacaan sholat dan tata cara sholat, dulunya saya sangat jarang sholat hanya jumat dan idul fitri dan idul adha aja, 2 minggu ini saya berusaha untuk sholat lagi walaupun tidak belum sepenuhnya bisa 5 waktu, terkadang saya berpikir apakah tata cara dan bacaan yg saya lakukan sedah benar apa tidak, alhamdulillah dengan adanya link ini sangat membantu saya….. sekiranya ada yg bisa membantu saya untuk memperdalam lagi sungguh saya sangat amat berterima kasih……

  65. mas bisa minta dalam bentuk video atau mp3nya nda biar aku sering dengarin n hafalin doa-doanya

    klu da bisa dikitrim di alamat email saya ngga
    ni email saya (atat.marta@yahoo.co.id)

  66. Alhamdulillah.. terima kasih atas postingannya. Semoga Allah melimpahkan hidayahnya kepada orang-orang yang mengamalkan ilmunya ke pada sesama.. Amiinn

  67. wah ini sngt membantu sekali. . .

    q dh cari”. . .

    soalnya q d yg lupa. . .jdi q ingin tau yg q baca bener p kagk. . .

    q dh nyari kebenrn gk ketemu” juga. . .

  68. AssalamMualaikum…
    Aq Saat Ini Ingin Taubat Dari Semua Masa Lalu Qu Yang Tumbuh Tanpa Agama…
    Aq Ingin Mulai Belajar Sholat Dan Membaca Al-Qur’an Agar Aq Menikah Nanti Bisa Membimbing Anak Dan Istri Qu Kejalan Allah SWT
    Aq Mohon Bantuan Saudara2 Untuk Membimbing Aq….

  69. ass..wr.wb..
    sy iswan pengen di ajarin donk mnghafal do’a sholat 5 waktu,,
    ap udh bnyk lpax nch??
    klw brminat mw bntu,,
    sms sy di no nch;085399771148,
    nnti sy tlfon keey
    d tunggu,,

  70. assalamu’alaikum…..mau nanya…..kenapa bacaan alfatihah dan surat-surat pada sholat fardhu untuk rokaat ketiga dan keempat tidak dilafadzkan seperti roka’at pertama? apakah ada dalilnya mengenai hal tersebut?

  71. Ya Allah..kembalikan lah aku kejalan yang lurus dan jalan yang engkau ridho’i..
    ya Allah,pengen bisaa sholat..apalagi sampe 5 waktu..inget dosaa..;(
    yg bisa bntu hub 083897878970

  72. Suami saya seorang mualaf dAri amerika. Dia meminta saya untuk mengajarinya shalat. Sebaiknya bacaan apa saja yg Harus saya ajarkaan sebagai lanngkah awal Mengingat masih sulitnya bagi dia menghafal bacaan Dalam bahasa arab? Terimakasih baagi kawan2 yg merespon pesan saya. ResPon jg bisa diemail langsung ke mila_tobias@yahoo.com

  73. Alhamdulillah udah kembali kejalan yang lurus, menuju keselamatan dunia dan keselamatan akhirat. semoga ditutupkan pintunya neraka jahanam dan dibukakan pintunya sorga yang penuh nikmat. amin….

  74. Assalamualaikum wr.wb ..

    Lia mau tanya kalo qta shallat 5 waktu itu bacaan shallat yg bener apa aja ya … dan tambahi doa2 apa aja ?

    Trimakasih
    Wassalam :)

  75. Ass,,” Saya ucapkan Terimakasih kepada sodara yg telah menulis bacaan Sholat beserta artinya. Saya telah menyalinnya untuk dibaca untuk menambah pengetahuan saya .

  76. Assalamu alaikum,
    alhamdulillah…, yang tiap hari sholatpun kadang salah dalam pengucapan, maka dengan adanya ws ini sangat membantu utk mengingat kembali bacaan sholat yang benar, untuk menyempurnakan sholat. Terimakasih banyak.
    Wassalam

  77. subhanallah..
    Selama ini aku asal shalat aja, tanpa tau apa arti dari bacaan shalat ku. Tpi setelah aku membaca sub page ini, aku baru tau arti daripada bacaan shalat ku.
    Terima kasih bnyak.
    Semoga Allah membalas smua kebaikan ini. Amin

  78. Assalamu’alaikum wr. wb.
    saya baru mulai belajar lagi mengenai bacaan shalat
    nah klo ternyta banyak yang salah, selama ini bagaimana dengan shalat saia?

  79. assalamualaikum ustadz , saya mau bertanya apabila kita menjalankan ibadah shalat ashar , tetapi kita lupa dalam rakaat terakhir berapa banyak yang kita kerjakan . boleh dibilang 4 atau 5 rakaat . apakah shalat kita sahhh . wassallam

  80. tersadar ku dari hilafku bersujud memohon ampunan atas segala dosa2 kuyg telah hilafkan hatiku. kebesaranmu ya allah kasih sayang dan rahmatmu dalam sadar ku terlupa mengucap syukur dalam sujud ku berdoa dalam tangisku menyesal astaghfirollah bukalah pintu tobatmu entah kapan ajal menjemputku mungkin esok hanya kau yg tau mungkinusiaku tak cukup lagi untuk hapuskan segala dosaku.

  81. ya allah jangan kau coba aku melebihi batas mampu dan sanggupku ya allah bila memang kau coba aku pun percaya kau sayang padaku ya allah lindungilah diriku dari yg menjahati menzolimiku ya allah kaulah maha segala kau pelindung hidup dan matiku.

  82. tak ada manusia yg terlahir sempurna,jangan kau sesali segala yg terjadi kita pasti pernah dapatkan cobaan yg berat seakan hidup ini tak ada artinya lagi, syukuri apa yg ada, hidup adalah anugrah tetap jalani hidup ini melakukan yg terbaik.

  83. qu selama ini jauh sma allah…q ngk ingat sma dia.
    tpi q mulai skrng slalu ingt allah……
    slma q hidup dri kecil hinga sekarang..hnya bergelumur dosa………………………………………………….
    apakah dosa q bisa terhapus low q hidup di jalan mu……

  84. semoga Allah SWT mengampuni dosa saya, saya sering meninggalkan perintahnya dan terkadang menjalankan apa yang dilarang-Nya, saya ingin sekali mempunyai pacar atau istri yang sholehah, karena bagi saya ia selalu meningatkan saya jikala saya lupa melaksanakan perintahnya.
    dan sekarang saya sudah belajar sholat 5 waktu, alhamdulillah hati ini merasa tenang, sekalipun saya sedang dilanda masalah besar. sungguh Maha Besar Allah SWT

  85. saya doakan mas iwan smg dpt pcr atau istri yg sholeha. salam knl aku nadia dr crbn tp skrng aku krja di saudi arabia mksh. allah tdk akn ksih cobaan di luar kemampuan kt sebesar apapun mslh yg kt hdpi insya allah dpt kt atasi yg pnting slalu sbr dan trus berdoa,

  86. setelah membaca filalamina inaka hamidumajid.biasanya saya teruskan dgn membaca:alohuma ini ‘audubika min adzabil kobri wamin adzabinar.waminfitnatil mahyaya wamamati waminfitnatil masihidazall.

  87. kalau bacaan bacaan dalam sholat.atau ayat ayat qur an di tulis dalam bahasa latin bukan bahasa arab ,,,maka bisa merubah arti lho.
    misal bismillahirohmanirohim…
    s: sin , atau shod. atau sha…
    tasdid gak terbaca
    bacaan panjang( mad) adaa berapa harokat..?
    tdk tahu tajwid idghom. ikkfa. idzhar dll
    Jadi tidak boleh sembarangan di tulis pakai huruf latin
    apa gak takut jika di cap sebagai perusak agama……?
    mengganti /merusak bacaan bacaan dalam sholat…?

    sebaiknya belajar sholat itu pada guru langsung.
    ingat … belajar sholat… bacaan itu didengarkan baru di tirukan,,,,
    ingat……belajat sholat itu dilihat baru di amalkan….
    ……
    sholat adalah perkara yang penting bagi umat islam jadi jangan main main
    berguru lah pada guru secara langsung ( tatap muka)
    terima kasih
    untul penulis bertobatlah

    1. Allah swt Maha tau apa yang kita ucapkan dan apa yang ada dihati kita kok , mungkin dengan niat hati yang tulus dan ikhlas itulah yg terpenting dalam kita menjalankan perintah Allah swt.
      maaf bila comment kami kurang pas di hati.

  88. assw,,,
    Saya seorang mualaf udh 6 bulan sya masuk islam smenjak sya menikah,,,sampai skrg saya belum bisa sholat,,,saya mohon d bantu atau kalau bisa saya mau pesan buku tuntutan sholat yg lengkap smua tentang sholat ada d buku itu,,,saya udh cari d toko buku yg d jambi tak gak ada yg tersedia,,
    Mohon saya d bantu,,,saya pengen sekali sholat yg sempurna dan mengenal kajian islam,,,
    Saya mohon bantunya,,,terima kasih banyak,,
    Wassalam,,,,cinwati ( 082175671986 )

  89. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Salam kenal…. terima kasih karenah uda menulis bacaan dalam shalat……

    Tapi alangkah baiknya apabila mencamtumkan rekaman dengan FORMAT MP3…..

    Atau anda tahu dimana saya bisa mendownload MP3 Bacaan dalam shalat lengkap dan gratis….
    Tolong kirim email ke alamat email saya…..

    Terima Kasih.

  90. Makasih :) berguna banget :D ternyata bcaanku selama ini ada yg salah, setelah baca blog ini. Dah tau kalo bacaanku ada yg salah. insya Allah sudah ndak salah lagi. Makasih :)

  91. Aku pengen banget belajar sholat tapi aku ga bisa susah banget buat di hafalin , beberapa kali aku baca salah lagi salah lagi , gimana dong kalau mau hafalin lebih cepat

    1. Terus mencoba dan tidak pernah berhenti…..samapai bisa …. Orang yg belajat Membaca Quran dan masih kesulitan akan lebih besar pahalanya dari yang sudah bisa…. Never quit…semoga Allah memberi kemudahan ..Amien

      HY

  92. Subhannaallah sungguh indah dunia ini apabila kita melaksanakn solat 5 waktu hti merasa tentram sekalii,.,.,.
    Semoga Rakyat Indonesia nanti Islam dan Sholat semua, Amien…
    maturnuwun sanget atas ilmu ne meniko.,.,

  93. semoga seluruh kaum muslimin dapat mendirikan sholat fardlu tepat pada waktunya dengan bacaaan yang benar dan baik…. mudah2n dengan semangat sholat, sesuai dengan tujuan sholat INNASSHOLATA TANHA ‘ANIL FAHSYAI WAL MUNKAR….dapat mencegah perbuatan keji dan munkar.

  94. ya allh,, ampuni aq, slama ni sllu lupa dngn kewajiban q/perintah mu, slama ini aku hanya memikirkan duniawi, berilah hamba petunjuk untuk mnuju jalanmu, jalan yg engkaw rhido’i ya allah…. tung’tun lah hamba ya allah,, ampuni dosa dosa hamba ya allah… ampuni lah ke2 orang tua hamba ya allah… sayangi lah mereka, sebagaimana mereka menyayangi hamba ya allah, amiin ya allah ya robbal allammin…………

  95. aku paling senang dengan sholat, dan berdoa kepada allah swt, karna kita semua uda tahu klo kita di dunia hanya sementara saja. maka mari kita banyak2 berataubat kepada allah swt dan menyerahkan diri kepadanya, hidup dan matiku hanya karna allah swt

  96. Berarti selama ini saya bacaan sholat byk yg salah yaa / kurang lengkap, terutama dibagian Itidal & tasyahud akhir,,..percuma yaa mbak saya sholat selama ini..terus kalo subuh gk pernah pake qunut , sah gk ya??…terus gimana sih biar sholat yg kusyu…selama ini saya belum bisa nikmatin bener2 sholat….(maklum saya mantan pecandu,,kadang insaf kadang kumat , tapi kalo yg dilarang2 koq bisa nikmat ya )..Mohon bimbingan nya ya biar sholat diterima, sah , nikmat en kusyu
    Thx

    1. Assalamu’alaikumm, yang dilarang sering kali adalah hal-hal yang membawa kenikmatan duniawi, tapi itu hanya berlaku untuk sementara, sisanya kita akan menderita berkepanjangan olehnya, cobalah lebih kenali hakikat kebahagiaan yang sesungguhnya, kebaikan dan kebenaran Islam adalah jawaban bagi kita untuk meraih kebahagiaan, bertaqwa kepada Allah dengan mengikuti yang disampaikan kepada Rasulullah Muhammad SAW. Shalat itu tiang Agama. InsyaAllah kita akan mendapatkan bimbingan Allah AWT. Amin, Maaf jika ada kesalahan. Assalamu’alaikum.

  97. لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    سُبْحَانَ اللّهُ
    اَلْحَمْدُلِلّهِ رَبّ الْعَالَمِيْنَ
    Salam…
    Barokalloh…

  98. mudah2an yang buat situs ini masuk surga karena ilmu yang kamu tulis ini sangat lah berharga,,,,
    mungkin saya tau dari sini,pahalanya ngak kan habis sampe 7 turunan,,karena ilmu yang kamu kasih kekita semua sangat lah perbuatan terpuji,,,terima kasih

  99. alhamdulillah,,,,,dgn adnx bacaan yng sangat luas ini sgla ilmu kita dptkan.mdah2han yang mnuliz artikel ini mendapat tambahan pahala yng berlipat,amien.

  100. Salam kenal dari saya YULIANTO, saya adalah anak durhaka apa iya ya? baiklah saya akan bercerita tentang kehidupan saya sedari kecil hingga sekarang sudah berkeluarga. 7tahun lebih saya mengembara menjadi gelandangan sejak usia saya 11,setengah tahun sekolah dasar (SD) pun tidak tamat. karna aku akui memang nakal dan serba kekurangan ayahku pedagang mainan anak2, sudah tua dan harus terus mencari nafkah untuk menghidupi saya sekeluarga. jumblah keluarga saya 7 termasuk ayah dan ibu. laki 2 cewe 3 aku sendiri no 3 dari 5 bersaudara. singkat kata saya pergi mengembara hanya karena di marahi dan di usir dari rumah klo menurut saya masalahnya sepele dan itu juga dari para tetangga yg kasian melihat ayah saya yg sudah tua masih trus mencari nafkah untuk menghidupi saya dan keluarga. emang iya saya juga merasa kasian sama ayah saya.tapi apa daya kata kasian tidak dapat menghidupi saya dan keluarga. dan emang panjang ceritanya. langsung aja ke pengalaman saya selama 7tahun lebih mengelana, segala cara ku lakukan untuk bertahan hidup, mulai dari pembersih jembatan penyebrangan orang (JPO) mengemis sambil nyapu dulu di jakarta, mengamen menyemir sepatu dan jualan. 7thn berkeliling dari ujung rel kereta api sampi ujung rel lagi di jkt Beos kalo dulu dan Surabaya Semut. di stasiun tasik 2,tahunan dan inilah akibatnya kagak bisa mengaji dan sembahyang. tapi alhamdulilah Allah SWT, masih memberikan kesempatan untuk bertaubat dan memberikan istri yg baik serta 2 anak Cwe cwo. alhamdulilah dengan adanya blog ini saya bisa belajar tata cara sembahyang dan klo bisa tata cara belajar mengaji. soalnya saya tidak bisa baca AL Qur,an. Terimakasih ingin tahu lebih banyak silahkan Email ke: omyulianto@yahoo.com terimakasih.

  101. Sekiranya ada yg ingin belajar sholat utk wilayah pekanbaru bagaimana kalo kita ngumpul dan diajarkan sama yg berkompeten ( biar gak salah2) jadi akhir April 2012 kita wujudkan,yg mau ikutan wilayah Pekanbaru kita milis dulu menjelang akhir April biar terdata
    Mailnya enrudwindra@ymail.com
    Soalnya saya juga mau belajar yg bener. :)
    ( usul bagi mereka yg kompeten ngajarin atau mendatangkan tenaga pengajar yg berkompeten hendaknya bikin di daerahnya juga )
    Tak ada kata terlambat buat bertobat,aminnnnn

  102. udah lama dijalan gelap alhmdllah diberi hidayah. alhamdulilah skrang udh smbahyang wlpn blm smprna trnyata bacaan sholat msh bnyk yg kliru…alhmdllh stlh cari ku mencari di mbh gugel tnyata ada trs lngkp lagi…..thnk god

  103. ass wr wb hi teman teman yg setia… salam kenal ya, saya awang,, saya orang yg munafik, jahat dan tidak pernah menjalankan perintah allah baik sholat 5 waktu maupun puasa wajib. alhamdulillah ALLAH SWT memberi petunjuk saya utk membaca keluhan dan komentar teman2 semua,, salah satunya yg bernama DIDIT, dia ingin bertaubat,, alhamdulillah ya ALLAH,, tak tahan sampai saya menangis,,setelah saya membaca niat tulusnya DIDIT. mengapa orang lain bisa taubat sedangkan saya tidak, INSYA ALLAH saya akan mengikuti niat didit, amin.. “saya mau titip saran utk teman2 saya mohon selagi teman kita berniat baik utk menjalankan perintah ALLAH atau keluhan yg lainnya jgn di tertawakan,kalau bisa kita saling mendukungnya” .terima kasih

  104. q mau bljr sholat 5 wkt dng bner,g mau dblng islam KTP
    blm ada bkal sama skl tuk menghdp SANG PENCIPTA
    q tdk mau menambah dosa orang tua krn anakx tidak bs sholat 5 wkt
    ckp mrk susah d dunia, jngan lg d AKHIRAT gr” anakx……….

  105. Sholat sangatlah penting, jauh lebih penting ketimbang amalan lain, saya pun baru belajar dan selalu dapat tantangan dan kesukaran namun saya akan selalu keras berusaha agar sholat jangan sampai ditinggal, jangan sampai sengaja lalai karena bila amal sholat saya kelak diterima insyaAllah amal kebajikan lainnya akan lancar, begitu pula sebaliknya

    Saya takut dan malu bila kelak bertemu Allah swt. dalam kondisi menjadi orang yang merugi disiksa dan berdoa seandainya dahulu aku ini tanah karena tak mungkin akan terulang hidup dunia yg telah disia-siakan

  106. seandainya di dunia ini ga ad korupsi,teroris,dan narkoba pasti semuanya damai dan tentram ya allah mudh mudh han di masa depan nanti dunia ini damai dan tentram dn beri lah kami jln yg lurus menuju pntu surga mu y allah

    1. ya allah berikan km jalan yg lurus menuju jalan mu jangan berikan jalan sesat untuk kami ya allah ,……………………………………………….. trims slam manis buat umat muslim yg di seluruh dunia :( <3 untk umat muslim

  107. assalamu’alaikum wr wb mb,,,,saya imam mau tanya… mba akhir akhir ini saya merqasa gelisah,takut,makan g anak,tdr susah, saya harus bagaimana mb?

  108. umat Allah yg cakep, eloe psti ngrti bhw Allah tuh Maha Pengampun. Eloe cm hrs brtobat dl n sbaiknya buka buka buku tntang tuntunan ngenjalanin sholat, itu ditoko buku mudah didapet. Eloe psti cepat jd umat yg semakin meningkat kerjernihmu, dlm segala hal…. hmm slamat buat eloe…

  109. assalamualaikum.
    mau tanya dong,jadi begini..om saya baru saja menjadi mualaf sekitar 3 minggu yang lalu,
    boleh tidak sih kalo sholat sambil nyontek tulisan ini..
    sepertinya om saya ini masih kaku lidah nya dengan bacaan2 arab,jadi susah menghafal nya…

    tapi alhamdulillah kemajuan besar,tinggal belum hafal TASYAHUD AWAL dan AKHIR saja.

    jadi saya pikir saya copas lalu saya print,taro di sajadah

  110. assalamualaikum…
    mau nanya ne.. ada gak, panduan shalat dengan versi bahasa arabnya dan artinya dalam bahasa indonesia…makasih sebelumnya….

  111. terimakasih,sngt membntu saya,karena saya mualaf yg msh bljr,dan butuh untuk bljar sholat yg baik,krna sya tidak bisa klu pake tulisan arab,txs

  112. terimakasih atas bacaannya saya jadi tambah ngerti,..
    abis saya belum hafal semua bacaan sholat hehe.., eehh tp kebantu dengan post ini, sekali lagi thanks yaa buat yg ngepost.. :D

    jangan lupa(ISLAM ITU INDAH).. :D

  113. Blog yang luar biasa ….bisa menarik banyak orang untuk berbuat ….kebaikannya akan dihitung setiap orang yang berbuat baik karena membaca blog ini….., seperti wakaf ..pahalanaya kan terus mengalir …. Sepanjang blog ini ada dan bermanfaat…… Subhanallah………WAKAF DIGITAL…..ayo teman teman buat amal di era digital dengan sarana yg terbuka lebar…Web, blog , .Facebook, twitter , whatsup, BBM, fourssquare…. . bangsa kita bangsa besar ….dengan umat Isalam terbanyak …dengan pengguna Facebook terbesar ke 3 di dunia ….., masyarakat ya FFI amis , pintar, kreatif ….harus mungkin sekali untuk membuat Islam di dunia maya akan akan tegak berdiri….dengan citra yg benar….bukan Islam terorist …seperti propaganda orang barat …. indahnya Islam, agungnnya kekuasaann Mu….

    ….Ayo teman teman Islam Indonesia yg sangat melek INternet…melakukan perubahan dari sekarang dari buat yang sederhana Twitter Islam …paling tidak re-tweet yg baik…ttng Islam……INDONESIA MUSLIM LUAR BIASA ………NO ONE CAN STOP US….. Atas kehendak Allah akan bisa terwujud…..Amien

    HY

  114. Halo boz . .kug aq gk faham ea ad yg lebih jelaz gk . .tol0ng aku donk mau ta.x ke ustad yg nyata saya malu . .alangkah bodoh.x saya yg belajar sekarang .minta numb hp.x dunk boz / yg sud! Ngajarin w sms ke numb ne 085780639355 ntar w call. . Matur thanks

  115. Halo boz . .kug aq gk faham ea ad yg lebih jelaz gk . .tol0ng aku donk mau ta.x ke ustad yg nyata saya malu . .alangkah bodoh.x saya yg belajar sekarang .minta numb hp.x dunk boz / yg sud! Ngajarin w sms ke numb ne 085780639355 ntar w call. . Matur thanks

  116. gk sengaja terbangun wkt mendengar adzan subuh gk tau mengapa air mata menetes ,,aku malu kpd sang pencipta dengan keadaan ku saat ini yg telah lama melupakannya,yg sering ingkar dengan perintah dan ajarannya,aku terlalu banyak dosa
    makasih gan artikelnya
    saya mau coba belajar sholat mohon doa nya gan
    tengkiuw

  117. terima kasih banyak mas bro .., saya minta izin copy buat melengkapi bacaan sholat’nya saya , sedikit sedikit saya agak terbelit sama bacaan shalat yg udah saya hapal sejak kecil, dari pada bacaan shalat saya terbelit2, aku copy dan diprin trus masukin ke dompet :D,. kalo nanti lupa tingal aku buka dompet. soalnya kalo beli bukunya susah di bawa kemana mane “) ..
    sekali lagi makasi bnyak ya mas bro :D

  118. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    saya imam, saya ingin minta pendapat kepada hamba-hamba allah yang dimuliakan. saya sangat sulit menghilang jina mata, jina hati, dan jina pikiran….apa yang harus saya perbuat. terima kasih
    wasalamualaikum

  119. Ass.wr.wbr…izinkan saya dan kami untuk mendownload dan membacanya Amin Ya Robb…….semoga kita di lindungi dari syetan/iblis dan bala tentaranya…..Wassalam

  120. ass…wr,wb…ada gak bacaan sholat yg bisa di download seperti mp3???soal nya saya lebih pingin lebih cepat ngafalin nya sambil pakai handset,terimakasih sebelum nya.

  121. Perbedaan yang ada bukan untuk diperdebatkan tetapi suau jalan agar kita saling mengenal sesuai firman Nya, diciptakannya kita bersuku -suku dan berbangsa bangsa agar kita saling kenal.

  122. Ralat kawan..
    menurut apa yg sy nonton dari acara tafsir Al-Misbah
    Ayat ke 4 di surah Al fatiha artinya seperti ini “Hanya kepadamu KAMI menyembah dan Hanya kepadaMu KAMI memohon pertolongan”

    yang artinya umat Islam itu harus bersatu..

  123. siapapun mereka yang telah mengamalkan ilmunya demi kemaslahatan umt manusia pasati akan diberikan pahala yang setimpal ,ami yarobal alamin
    naaf kalo kami mau mendonload bacaan karna kami perlu untuk menghapal arti bacaanya trimakasih…

  124. makasih gan….saya udah lupa bacaan sholat saking jarang sholat….ya allah saya pengen tobat….semoga allah blz kebaikan kalian yang tlah buat blog ini..amiennn….

  125. allhamdullilah gara” ini gue jadi hafal bacaan sholat dan di test kemarin sama guru Killer gue allhamdullilah gue bisa gak ada salah sedikit pun Makasih yang udah bikin ini